November 24, 2020

ball

Ball Blog

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Surat Perjanjian Jual Beli

2 min read

Jual beli memang merupakan kegiatan yang bisa dilakukan oleh semua orang. Kegiatan jual beli sudah ada bahkan sebelum ada mata uang. Jika dulu orang membeli barang dengan menukar barang dengan barang lainnya, sekarang membeli barang bisa dilakukan hanya dengan menukar uang sesuai dengan harganya.

www.suratresmi.net

Namun hal tersebut tentu berbeda jika Anda melakukan proses jual beli barang eksklusif atau barang berharga. Misalnya saja barang seperti tanah, kendaraan, barang antik, atau tanah, diperlukan suatu surat perjanjian sebelum melakukan transaski. Surat perjanjian ini dimaksudkan agar orang yang bersangkutan tidak melakukan kecurangan pada saat transaksi.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat surat perjanjian jual beli. Ada contoh surat yang bisa Anda jadikan referensi untuk membuat surat perjanjian. Akan tetapi tentu lebih baik jika Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Hal pertama yang perlu diperhatikan yaitu pertama tentukan identitas kedua belah pihak. Hal ini sangat penting karena menyangkut perjanjian kedua belah pihak. Tanyakan secara jelas identitas orang yang akan Anda ajak betransaksi. Jika perlu, Anda juga harus meminta Kartu Tanda Penduduk untuk membuktikan identitasnya.

Selanjutnya perhatikan jenis barang atau harga yang ingin diperjualbelikan. Tentunya ini juga menyangkut detail seperti kelengkapan, luas, kondisi, dan lain sebagainya. Jangan sampai Anda baru menyadari kondisi barang yang ingin dibeli setelah melakukan transaksi.

Ketiga setelah menulis bagian barang yang hendak dibeli, tuliskan tata cara pembayarannya. Tata cara ini untuk memperjelas proses jual beli  barang agar pihak pembeli maupun pihak penjual tidak dapat melakukan kecurangan. Namun beberapa contoh surat biasanya tidak melampirkan secara detail sebab sudah merasa cukup dengan adanya surat jual beli.

Terakhir, sampaikan beberapa tuntutan dalam surat atau pasal yang dapat mengikat untuk mengingatkan akan resiko melakukan kecurangan dalam proses jual beli. Hal ini perlu diperhatikan sebab meskipun surat perjanjian jual beli di tanda tangani di atas materai, masih ada beberapa orang yang ingin mencurangi. Anda juga bisa mendapatkan tambahan beberapa informasi terkait proses jual beli.

Meskipun tampak ribet, adanya surat perjanjian jual beli ini akan sangat diperlukan di waktu mendatang. Utamanya jika Anda berniat menjualnya lagi. Namun jika beberapa hal di atas cukup rumit diikuti, Anda bisa melihat beberapa contoh surat  perjanjian jual beli atau surat lainnya di internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.